Kegiatan Memperingati Hari Gizi Nasional Ke 62

Dalam rangka memperingati HARI GIZI NASIONAL ke 62, Pd hari ini dilaksanakan kegiatan penyuluhan di ruang tunggu poliklinik Rsud LubukSikaping dg tema "aksi bersama cegah stunting & obesitas" oleh Ibu Diana Siregar dari Instalasi Gizi.

Stunting adalah gangguan pertumbuhan & perkembangan anak akibat kurang gizi kronis & infeksi berulang yg ditandai dg tinggi badan anak dibawah standar yg telah ditetapkan.
Permasalah stunting terjadi mulai dari dalam kandungan & akan terlihat sejak usia 2 tahun. Akibat dr stunting adalah terhambatnya pertumbuhan & perkembangan tubuh serta otak anak.

Penyebab stunting antara lain :
1. Kurang gizi kronis dlm waktu yg lama
2. Pertumbuhan lambat
3. Tidak cukup protein
4. Sering menderita infeksi
5. Hormon yg tdk seimbang & stres.

Gejala stunting ;
1. Anak lebih pendek dr anak seusianya
2. Berat badan rendah
3. Pertumbuhan tulang tertunda
4. Tubuh cenderung normal tp anak tampak lbh muda/kecil.

Pencegahan stunting yg paling utama adalah dg rajin memeriksakan diri pd saat hamil,& selalu memantau perkembangan balita ke posyandu setiap bulan.

Obesitas adalah suatu kondisi medis yang terjadi ketika seseorang memiliki kelebihan berat badan atau lemak tubuh yang dapat memengaruhi kesehatannya. Jika tidak segera ditangani, obesitas dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, hipertensi, hingga diabetes.
Penanganan utama pada obesitas adalah mengatur pola makan sehat dan sesuai dengan kebutuhan asupan kalori harian. Agar sukses, diet juga perlu disertai dengan aktif berolahraga setiap hari. Bapak Ibu yg mengalami obesitas dpt konsultasi ke klinik gizi RSUD Lubuk Sikaping.

Selain penyuluhan acara dilanjutkan dg pembagian buah kepada pasien di ruang tunggu poliklinik sbg bentuk kampanye pentingnya makan buah.

Semoga bermanfaat ????